Gudang Artikel Komputer

Cari artikel tentang komputer, teknologi dan perkembangannya, serta berbagai artikel lain yang behubungan.

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Teknologi Komputer dalam Masyarakat

KOMUTER DAN MASYARAKAT

Komputer dan masyarakat (computers in civilization), mengapa komputer dihubungkan dengan masyarakat? mengapa bukan teknologi informasi yang dibahas? adalah John Preston orang yang mempopulerkan tema ini dalam bukunya Computer in a Changing Society dijelaskan bahwa teknologi informasi (TI) sekarang ini identik dengan komputer, bicara TI maka pasti berhubungan dengan komputer. Namun terlepas dari itu, komputer dan masyarakat merupakan sebuah studi tentang bagaimana pemanfaatan komputer di berbagai aspek kehidupan di masyarakat (sosial komputer), bagaimana komputer memberi pengaruh, bahkan membentuk budaya atau tren baru. Pada tulisan kali ini, saya mencoba membahas hal yang terkait dengan komputer dan masyarakat, yaitu pemanfaatan komputer pada berbagai bidang.
Berikut ini adalah beberapa contoh bagaimana komputer digunakan dalam bidang yang sering dijumpai di masyarakat:


1. Bisnis
Dalam bidang bisnis, bahkan tidak hanya bisnis, menggunakan komputer untuk membuat dokumen-dokumen seperti kontrak, brosur, surat, laporan tahunan, manual prosedur, pernyataan kebijakan, dll. Dokumen disimpan, dipanggil kembali, diedit, dan didistribusikan oleh komputer dengan menggunakan program yang secara umum disebut pengolah kata (word processing). Memo yang sebelumnya ditulis pada kertas dan didistribusikan oleh bagian surat via pos, sekarang ditulis pada komputer dan didistribusikan dengan model surat elektronik (email).
Manfaat dalam bidang bisnis, di bagi oleh beberapa kelompok yang diantaranya adalah perdagangan, industri, penelitian, dll.

2. Pendidikan
Pendidikan saat ini dapat secara signifikan dipengaruhi oleh penggunaan komputer untuk melakukan kegiatan belajar jarak jauh. Jika siswa dan guru menggunakan komputer atau internet pada waktu yang sama, ini disebut pertemuan kelas sinkronus. Jika siswa dan guru mengirim pesan dan bertukar informasi pada waktu yang berlainan, kelas ini disebut asinkronus. Istilah pendidikan jarak jauh sudah umum digunakan karena metode ini populer untuk mengajar banyak orang di area yang tersebar. Model pendidikan ini juga populer diantara siswa yang punya jadwal kerja padat dan berlokasi pada jarak yang jauh.
Peran Komputer Bagi Pendidikan Anak
Pada awalnya komputer dititikberatkan pada proses pengolahan data, tetapi karena teknologi yang sangat pesat, saat ini teknologi komputer sudah menjadi sarana informasi dan pendidikan khususnya teknologi internet. Dalam hal pendidikan, komputer dapat dipergunakan sebagai alat bantu (media) dalam proses belajar mengajar baik untuk guru maupun siswa yang mempunyai fungsi sebagai Media tutorial, alat peraga dan juga alat uji dimana tiap fungsi tersebut masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.
Sebagai media tutorial, komputer memiliki keunggulan dalam hal interaksi, menumbuhkan minat belajar mandiri serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa / anak. Tetapi interaksi komputer dengan manusia belum dapat menggantikan interaksi manusia dengan manusia, selain itu mempunyai kelemahan lain yaitu kemauan belajar mandiri yang masih rendah. Komputer sebagai alat uji memiliki keunggulan dalam keobyektifan, ketepatan dan kecepatan dalam penghitungan tetapi masih belum dapat menilai soal-soal essai, pendapat dan hal yang terkait dengan moral dan etika. Yang terakhir, sebagai media alat peraga, komputer mempunyai kelebihan dapat memperagakan percobaan tanpa adanya resiko, tetapi membutuhkan waktu dalam pengembangannya.
Sebelum memperkenalkan komputer kepada anak, orangtua maupun guru seharusnya dapat memahami perkembangan pemahaman anak, dimana pada usia 0 -2 tahun anak mendapatkan pemahamannya dari penginderaannya. Kemudian usia 2 – 7 tahun anak mulai belajar menggunakan bahasa, angka dan simbol-simbol tertentu. Pada usia 7 – 12 tahun anak mulai dapat berpikir logis, terutama yang berhubungan dengan obyek yang tampak langsung olehnya.
Yang saat ini perlu menjadi perhatian bagi orangtua maupun guru adalah bagaimana cara memperkenalkan komputer kepada anak. Hal yang perlu dicoba adalah dengan program-program aplikasi (software) yang bersifat “Edutainment” yaitu perpaduan antara education (pendidikan) dan entertainment (hiburan). Selain itu program (software) aplikasi “Edutainment” tersebut mempunyai kemampuan menumbuhkembangkan kreatifitas dan imajinasi anak serta melatih saraf motorik anak. Contohnya program permainan kombinasi benda, menyusun benda atau gambar (Puzzle) serta program berhitung dan software-software lain yang didukung perangkat multimedia.
Selain program aplikasi (software), dunia internet semakin berarti bagi anak-anak. Internet memungkinkan anak mengambil dan mengolah ilmu pengetahuan ataupun informasi dari situs-situs yang dikunjunginya tanpa adanya batasan jarak dan waktu. Di samping itu masih ada manfaat lain yang didapat dari internet, misalnya surat menyurat (E-mail), berbincang (chatting), mengambil dan menyimpan informasi (download).
Untuk perkembangan pendidikan selanjutnya teknologi “Teleconference” (Konferensi interaktif secara on line dari jarak jauh) dirasakan sudah pantas di coba dan dikembangkan, karena dapat menghemat waktu, tenaga pengajar, kapasitas ruang belajar serta tidak mengenal letak geografis.

3. Kedokteran
Komputer dapat digunakan untuk menghasilkan foto yang lebih baik dari tubuh pasien. Sinar-X adalah teknik tradisional yang merekam bayangan dua dimensi dari tulang pada film. Computerized Axial Tomography, juga dikenal sebagai CAT scan, adalah serangkaian gambar sinar-X dua dimensi yang digabungkan dengan komputer untuk mendapatkan gambar tiga dimensi.
Beberapa manfaat komputer dalam ilmu kedokteran, antara lain:
• Membantu dokter dalam mendiagnosis penyakit pasien.
• CAT – Computer Axial Tomography untuk menghasilkan gambar sinar-X bergerak.
• Membantu tuna netra membaca dengan teks khusus.
• Menyimpan riwayat penyakit pasien, penggajian karyawan RS
• Mengelolaan persediaan obat-obatan.

4. Militer
Komputer digunakan untuk mensimulasi perilaku dari pesawat, kendaraan dan system senjata untuk memberikan praktik kepada para trainee (orang yang dilatih), dan memungkinkan mereka belajar dari kesalahan fatal yang mematikan. Komputer dapat merekan kinerja trainee dan menampilkannya kembali sehingga trainee dapat mengamati perilaku mereka sendiri dan belajar dari perilaku tersebut. Banyak orang militer masuk medan perang dengan pengalaman terbatas dalam hal penggunaan amunisi, tetapi simulasi sangat realistis sehingga mereka dapat melakukan tugas mereka dengan baik.
• Kapal perang & kapal terbang dipasang peralatan komputer untuk membantu navigasi atau serang yang lebih tepat.
• Untuk simulasi perang atau terbang

5. Pemerintahan
Aplikasi yang penting yang menunjang kegiatan-kegiatan pemerintahan secara langsung baik yang bersifat operasional maupun yang mengarah kepada terciptanya kebijakan-kebijakan dalam masalah kenegaraan,
• Aplikasi kepegawaian
Badan Administrasi Kepegawaian Negara (BAKN) adalah badan yang mengadministrasikan seluruh data kepegawaian. Aplikasi pengolahan datanya meliputi : kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, mutasi pegawai, penentuan masa pensiun.
• Aplikasi di pemerintahan daerah
Aplikasi komputer yang digunakan meliputi : bidang kependudukan (KTP), kepegawaian tingkat daerah, pajak-pajak daerah, perumahan dan lalu lintas.
• Surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNK)
• Penyelidikan tenaga nuklir dan pemrosesan data.
• Penelitian ruang angkasa
• Ramalan cuaca seperti pengambilan gambar awan.

Dibandingkan dengan negara-negara maju, perkembangan aplikasi komputer dalam pemerintahan Indonesia tergolong lambat. Hal ini disebabkan karena :
 Biaya
 Sistem administrasi pemerintahan masih dalam proses pengembangan

Jadi, secara umum permasalahan yang timbul dengan adanya komputerisasi di pemerintahan belum cukup besar untuk dipermasalahkan secara nasional.
Sedangkan di negara-negara maju, perkembagan aplikasi komputer dalam bidang pemerintahan berlangsung dengan cepat, sehingga komputerisasi mulai menimbulkan masalah di negara-negara tersebut.

6. Perbankan
Sistem perbankan yang semakin mudan dan canggih menggunakan komputer, memudahkan para nasabah untuk bertransaksi. Beberapa manfaatnya adalah:
• Sistem uang elektronik (ATM, kartu kredit dan debit)
• Penyimpanan data
• Pemrosesan transaksi secara on-line
• Pembayaran tagihan secara on-line

7. Perdagangan
Perdagangan jaman sekarang tidak hanya dalam pasar ataupun bertatap muka, tetapi internet sudah sering digunkan untuk berdagang dan bertransaksi. Beberapa contoh lainnya adalah :
• Memproses data transaksi dalam jumlah yang banyak.
• Menyimpan hasil transaksi, persedian barang-barang (stock).
• Pembuatan laporan keuangan, faktur, surat-surat, dokumen dan lain-lain
• Selain pembayaran tunai bisa juga secara elektronik

8. Industri
Semua bidang perindustrian sudah memakai sistem komputer dan internet, sehingga memudahkan para produsen bisa lebih mudah memproduksi barang-barang yang diinginkan. Beberapa manfaat lainnya adalah :
• CAM – Computer Aided Manufacturing untuk meningkatkan produktivitas
• CAD – Computer Aided Design untuk merancang produk industri misal : mobil, dll
• Penggunaan robot yang dikendalikan oleh komputer dari jarak jauh.

9. Seni dan Rekreasi
Di Indonesia, sudah banyak tempat rekreasi yang menggunakan sistem komputer dan internet, karena dapat memudahkan para pengunjung. Diantara manfaat komputer dalam seni dan rekreasi adalah :
• SYNTHESIZER digunakan untuk bunyi alat musik seperti bunyi gitar dan piano.
• Untuk proses penciptaan lagu
• Untuk menghasilkan animasi dalam film-film kartun dan special effect.
• Sumber alat rekreasi seperti games on-line.
• Roller Coaster yang dikendalikan oleh komputer

10. Komunikasi
Tidak diragukan lagi komputer dalam bidang komunikasi, karena pada dasarnya, komputer merupakan sarana komunikasi. Hampir semua yang berhubungan dengan komunikasi, berhubungan juga dengan komputer.
Dalam hal ini, internet mempunyai peran penting dalam hal komunikasi, diantaranya adalah :Telekomunikasi yaitu teleconference, E-mail, voice mail dll, Modem sebagai alat sarana komunikasi antar komputer dengan internet.

Masih banyak pemanfaatan-pemanfaatan komputer dalam masyarakat yang tidak disebutkan dalam pembahasan ini.
Komentar dan tambahan-tambahan dari pembaca akan membantu penulis dalam pengembangan blog,.


Sumber :
http://wacanakomputer.wordpress.com/2009/09/20/komas-komputer-dan-masyarakat/
http://galuh.wordpress.com/2006/12/16/peran-komputer-bagi-pendidikan-anak/
http://sitialiyah.staff.gunadarma.ac.id/
http://adekyanna.files.wordpress.com
dan sumber-sumber lain, dengan beberapa tambahan dan perubahan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Nur Azmi Ainul Bashir

Buat Lencana Anda